Paket Data Telkomsel Tidak Aktif?, Berikut 5 Hal Yang Harus Dilakukan

Paket Data Telkomsel Tidak Aktif – Telkomsel mengerti betul bahwa kebutuhan akses online para pelanggannya dari hari ke hari makin besar. Ini seiring dengan gaya hidup digital yang mulai dianut oleh banyak orang. Sehingga provider seluler yang mempunyai jaringan terluas di tanah air tersebut pun terus berinovasi dalam produk dan layanan. Banyak ragam paket internet terbaru dihadirkan untuk memuaskan kegiatan internet para pelanggannya.

Paket-paket internet terbaru tersebut pun sudah dilengkapi dengan akses ke layanan entertainment untuk menikmati konten-konten digital on-demand-streaming (OTS) baik itu film, serial drama televisi, musik dan bahkan siaran langsung pertandingan sepakbola kelas dunia. Saat ini jaringan internet cepat di jaringan 4G LTE sudah menjadi standar baru layanan operator seluler di Indonesia. Telkomsel pun sudah mulai meng-upgrade tower BTS-nya ke teknologi LTE di seluruh titik di seluruh tanah air.

Agar bisa menikmati semua layanan internet cepat Telkomsel para pelanggan baik kartu prabayar maupun pascabayar harus mengaktifkan salah satu paket internet yang tersedia. Operator di bawah kendali PT.Telkom ini menawarkan banyak macam paket internet mulai dari paket khusus di jaringan 3G, paket internet Combo dan juga paket internet khusus untuk akses di jaringan 4G. Pelanggan bisa membeli sendiri jenis paket internet yang dibutuhkannya. Selain dari nomor *363#, tersedia juga aplikasi MyTelkomsel untuk smartphone serta layanan berbasis web di my.telkomsel.com.

Saat mengaktifkan paket internet adakalanya proses tak berjalan dengan semestinya. Salah satu yang kadang dialami pelanggan yaitu paket data Telkomsel yang tak aktif meskipun pelanggan merasa sudah membelinya. Apa yang harus dilakukan jika paket data Telkomsel tidak aktif? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pelanggan :

1. Harus dipastikan bahwa kartu Telkomsel yang digunakan masih terdapat pulsa bila menggunakan kartu prabayar atau sudah melunasi tagihan bila menggunakan kartu pascabayar. Bila memang pulsa habis atau belum bayar tagihan maka bisa diselesaikan melalui : aplikasi MyTelkomsel, website resmi my.telkomsel.com, MyGraPARI dan yang lainnya.

2. Yang lebih penting lagi adalah memastikan bahwa masih tersedia kuota paket internet Flash yang aktif. Oleh karena itu bisa dicek ada tidaknya kuota dari aplikasi MyTelkomsel, website resmi my.telkomsel.com dan juga dari menu UMB di *888#. Bila memang tak ada paket yang aktif maka cara satu-satunya adalah membeli paket data Telkomsel.

3. Paket data Telkomsel tidak aktif pun bisa disebabkan oleh konfigurasi APN (Access Point Name) yang tidak benar. Pengguna harus memastikan bahwa parameter APN di perangkat menggunakan konfigurasi yang valid. Untuk APN Telkomsel harus menggunakan ‘Internet’ dimana kolom username dan password tak perlu diisi. Untuk mensetting APN di perangkat Android yaitu dengan masuk ke Settings > Mobile Network Setting > Access Point Names >ketikkan Internet dengan kolom username dan password dikosongkan. Sedangkan setting APN Telkomsel di perangkat iOS yaitu dengan masuk ke Menu Settings > Cellular > Cellular Data Options > Cellular Data Network, kemudian ketikkan Internet dengan kolom username dan password dibiarkan kosong.

4. Lakukan refresh jaringan. Untuk ponsel Android dan ponsel Windows yaitu dengan memilih mode jaringan WCDMA (3G) only, sementara perangkat iOS dengan memilih 3G. Apabila langkah tadi sudah dilakukan namun paket data Telkomsel masih tidak aktif, coba update lokasi. Untuk ponsel Android, masuk ke menu Mobile Networks, kemudian ganti Manual Network ke provider lain dan setelah itu baru diaktifkan kembali Telkomsel. Sementara untuk perangkat iOS dengan masuk ke menu Settings > General > Reset > Reset Network Setting.

5. Beralih posisi. Bila pengguna menggunakan internet Telkomsel di dalam ruangan, coba keluar agar memperoleh sinyal jaringan yang lebih kuat.

Bila setelah pelanggan membeli paket internet Telkomsel dan ternyata layanan tak bisa diakses, beberapa opsi berikut ini bisa dilakukan :

1. Periksa SMS aktivasi paket sudah diterima. Pelanggan harus memastikan bahwa ia sudah memperoleh SMS notifikasi yang memberitahukan bahwa paket telah aktif dan sudah bisa diakses.

2. Lakukan pengecekan pulsa untuk pengguna kartu prabayar, apakah sudah terpotong sesuai harga paket data yang dibeli. Untuk pengguna kartu pascabayar (kartuHalo) harus dipastikan biaya pembelian paket sudah termasuk dalam daftar tagihan.

3. Lakukan pemeriksaan dari kartu Telkomsel yang digunakan. Coba gunakan untuk menelepon nomor seluler lain, bila memang kartu Telkomsel yang digunakan diblokir biasanya akan ada pemberitahuan.

4. Periksa status paket internet. Pelanggan dapat mengecek status paket internet dengan membuka aplikasi MyTelkomsel maupun dial ke *888#.

5. Lakukan Reboot pada handset. Apabila ternyata cara-cara tadi tak bisa menyelesaikan masalah, coba lakukan Reboot handset, kemudian coba lakukan sambungan ke internet dengan membuka browser.

Berbicara tentang layanan entertainment yang saat ini sedang booming, Telkomsel pun memiliki VideoMax. Telkomsel paham betul bahwa hiburan online sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern saat ini. Jadi, operator seluler yang mengklaim memiliki jaringan terluas di tanah air tersebut pun mengajak kerjasama penyelenggara layanan film streaming yaitu HOOQ dan Viu. Bersama layanan berbasis aplikasi tersebut pengguna bisa menikmati berbagai konten entertainment berupa ribuan film box office Hollywood, serial drama Korea dan juga film-film Indonesia cukup dengan berlangganan paket VideoMax. Pengguna bisa memilihnya sesuai dengan paket yang diinginkan.

Paket VideoMax ini memberikan sejumlah kuota yang khusus digunakan untuk akses ke aplikasi HOOQ dan Viu. Pelanggan pun bisa memilih paket bundling dimana layanan VideoMax termasuk di dalamnya. Masa aktif paket ini mulai dari 1 hari hingga 30 hari dengan biaya yang cukup murah dibanding bila mengaksesnya dari kuota paket reguler. Agar dapat menikmati kedua layanan video streaming tadi pengguna harus mendownload aplikasinya dari Google Play Store atau Apps Store, kemudian menginstalnya ke smartphone.

Begitu aplikasinya terinstal, proses berikutnya yaitu mendaftar dan mengaktivasi salah satu paket VideoMax. Untuk pembelian paketnya sendiri dapat dijalankan langsung di smartphone. Atau bisa juga dari aplikasi MyTelkomsel. Pembelian paket VideoMax hanya dengan dial ke *363# kemudian lakukan instruksi yang diberikan. Mula-mula, ketuk pada opsi VideoMax. Selanjutnya tentukan layanan yang dikehendaki apakah HOOQ atau Viu. Sesudah itu di layar akan keluar halaman konfirmasi pembelian paket. Ketuk pada Ya, sehingga pengguna akan dikirimi SMS pemberitahuan yang di dalamnya terdapat link untuk proses registrasi di aplikasi yang dipilih dengan menekan tombol ‘Sign Up’.

Untuk layanan HOOQ pengguna harus mengetikkan nomor Telkomsel yang digunakan saat registrasi ini. Sementara pendaftaran di aplikasi Viu pengguna dapat memakai akun Google atau akun Facebook yang dimiliki. Begitu tahap pendaftaran dilakukan maka pengguna akan memperoleh SMS pemberitahuan lain dimana di dalamnya ada one-time PIN (OTP) yang mesti diinput sebagai bagain dari mekanisme registrasi. Apabila OTP berhasil diinput maka pengguna akan langsung dibawa ke laman depan aplikasi video streaming.